Diary

#D-DAYinJKT is coming, it’s a fcking good day!

Been a while since the last time i comeby and write SO i decide to just write about my dday tour concert experience! This will be a very long story ᕙ(‾̀◡‾́)ᕗ

To be very blutantly honest, ga pernah terbesit sedikit pun kalo mas agus ini bakalan ngadain konser, apalagi world tour. Masih ingat waktu itu lagi nontonin live birthday doi, tapi kok dapet notif notice di twitter. EHHHHH taunya doi ngumumin world tour and it doesnt stop there. JAKARTA, INDONESIA was written there AND will be held in 3 days. Beneran gemeter pas liatnya (ril bukan template).

Sejak saat itu, tentunya kita banyak berikhtiar dan berdoa. I need to win this war. I need to see my man. Ticketing day come and i got the tix 😭😭 Thanks to my sis, without her im nothing man. She is the one behind all of this. Ticketing di hari dan jam kerja so i really trusting her for my tix, and she did in 5 minutes. One that will she brag all the time (but very worth to haha). I got to see him in 2 days, just like what i wished to. DAY 2 dan DAY 3, bahkan sectionnya pun seperti yang diharapkan. Day 2 section CAT 1 dan Day 3 dapat VIP A. ❀ܓ(。 ꇴ ◠。 )

This wasn’t my first concert experience. I’ve been to other artists concert before but this one is different. Kalau yang lain, ya cuma datang aja. Bahkan datang pas jam nya dan tiba-tiba nonton aja. Untuk DDAY ini, i’ve prepared it since 2 months before concert day. Segala hal kecil pun dipikirin, sampe pas H-1 ngeliat packingan tuh masih ga berasa nyata. Gila ya, ini udah udah gue siapin dari jauh-jauh hari dan besok adalah harinya. Tomorrow is the reason why you prepared all of this. Sejujurnya sampe konser itu dimulai gue juga masih ga nyangka kalau gue ngalamin ini semua dan ini nyata. Yoongi depan mata lo!

< D-DAY 2 >

Gue flight pagi, sampai bandara sekitar jam 9 dan langsung ke penginapan jam 10. Habis itu, baru deh berangkat ke venue. Janjian juga ketemu dengan mutual gue dari jaman 2016/2017. Funny that we actually are strangers met for the first time but it feels like we’ve been knowing each other for so long and finally meet again. The bond that was made just because we support and love the same artist is incredible. Oh, one thing about the concert that i like is it just feels like home, you can say hi to anybody, have convo and we can just be close just like that. No need to feel awkward or judged. And you can be you!

Pengalaman beli tiket dari akun sendiri dan tukar tiket sendiri untuk pertama kalinya. Ngerasain juga antri sana sini, keliling dari hall 1 ke 10 dan sebaliknya. It rained at day 2 too. Kami juga mau berburu freebies sebenarnya, cuma gatau kenapa susah banget. Padahal di twitter banyak banget yang kasih liat freebies lucu-lucu tapi kayaknya bagi-baginya terselubung soalnya kalau ketauan ada yang bagi freebies langsung dikerumunin.

Di hari ini, pengalaman antrinya sangat sat set alias sangat dipermudah. Buat masuk ke holding area gak ada antrian. Ngantri toilet ga perlu nunggu antrian sepanjang rel kereta api. Pas antri starbucks juga cuma kayak 6-7 orang di depan line, eh ternyata pas lagi nunggu dan liat ke belakang antriannya udah ngular aja. Sekitar pukul setengah 5, kami memutuskan buat nunggu aja di waiting line venue sambil foto-foto. Sayang sinyalnya ngajak gelut so there’s nothing much to do with phone. Namun ditengah itu semua, kami masih bisa connect sama Ka Han, and we happened to find her in her line. That was the very first time the 3 of us meet. Interestingly we just know that she was there with us after in line lol. Semoga soon bisa ketemuan yang lebih proper dan terencana hehe. Sekitar jam 6, barulah section CAT 1 masuk ke venue. We have small queue number so we were third row from barricade. Viewnya sangat sangat dekat dengan venue. It was such a very good standing position. Posisinya tuh juga bener-bener di tengah. You can see everything even with bare eyes.

I had a very good time in beginning. Singing, screaming, doing fanchant, jumping hard starting from haegum and daechwita. Like whewwww my energy went all out. SERU ABIEEZZZ! Ngetik ini sambil nonton fancamnya aja deg-degannya kerasa lagi. Dari nungguin yoongi muncul sampe dia bener-bener muncul di stage dan langsung “I NORAENEUN HAEGEUM”. Sampe di detik itu gue masih kayak gak mimpi kan ini??? Yoongi beneran di depan gue! Masih ga nyangka juga fanchant yang selama ini cuma latihan sendiri sekarang bisa diteriakin depan artisnya langsung. Salah satu hal yang bikin gue yakin ini real tuh pas denger suaranya Yoongi. God his damn voice is so asjhklksbxkxmkz. I don’t know if his voice is really that deep or because he had cough but im going insane.

It was a blast until i almost passed out haha. Kayaknya hampir 1-2 songs menuju vcr, gue langsung lemes. Gue ingetnya sih pas shadow bener-bener buat berdiri aja kayak gak kuat lagi. Disitu gue cuma bisa diem. Anaknya ga pernah ngereog jadi sekali all out langsung lemes mana sengaja buat ga makan dan minum banyak soalnya my digestion those days suka tidak terprediksi dan dari sejam nunggu itu sempat pengen pipis tapi gabisa keluar dari section, nanti tempatnya udah ilang keburu diambil orang huhu. Ngambil slogan yang jatuh aja kaki sampe bergetar, hampir ga bisa bangkit. Kepala udah pusing banget dan badan tuh masih bisa berdiri karena ditopang sama orang-orang di sebelah yang berdempetan. BUT i can’t stop there. Masa iya gue udah effort sejauh ini, udah dapat tempat sedekat ini terus ntar gue pingsan gitu aja? Gue ga boleh pingsan. That’s literally the only thing that i keep in mind. Jujur tubuh ini udah kayak di max capacity. If i give up, ya udah pingsan gitu aja. Untungnya, gue deket baricade dan staffnya aktif banget buat bagiin minum. Seems like my friend noticed something wrong with me but i didn’t tell her. Gue cuma minta permen dari dia and luckily she still have it with her karena sebelumnya itu harus dikeluarin sebelum masuk holding area. That one candy become the only thing that strengthen me until the show is over. Bener-bener nambah energi. Akhirnya gue bisa melanjutkan ngonser, tapi tidak sebar-bar awal karena gue takut lemes lagi hehe. No worries you still can count on me for the fanchant.

Stage yang paling berkesan menurut gue di Day 2 itu Daechwita and Rap Medley. Pecah banget pas sama-sama nyanyi / fan chant bareng and we were so loud. It has been my forever dream. Wish i could embed my fancam here tapi maaf ya gak premium jadi gak bisa taroh video. Yoongi aslinya juga memang putih dan ganteng banget. He is the coolest (ril min). Anyway the day doesnt end there, gue balik ke penginapan. Capek banget dan laper. Habis selesai itu udah keringatan dan muka udah gak terkondisi haha. Awalnya mau ngajak roomate buat keliling cari yang dekat tapi udah kemaleman dan pada tutup so we decide to gofood, eh ternyata itu makanannya baru nyampe setelah 2 jam. Dari drivernya sampe bilang emang resto nya terkenal lama. Amsyiong dah, baru bisa makan di jam 1 pagi. Udah sampe takut banget ketiduran nungguin makanannya. And thats how i end my very long Day 2.

< D-DAY 3 >

Tentunya dari Day 2 kita belajar, bahwa tidak perlu berlama-lama melalang buana di venue. My schedule was kinda packed that day. Start dari jam 10, gue pergi eye makeup di DD, habis dari itu ke venue buat ambil hp dan tiket. Setelah gue ambil tiket, gue pergi beli alpukat kocok karena mulai berprinsip kalau gue harus agak banyak naikin sugar level gue dan stay hydrated. It also helps me lifting my mood. Gue juga mencoba untuk lebih santai dan gak perlu terburu-buru. So around 1 PM, gue balik lagi ke penginapan buat istirahat. Baru balik lagi ke venue sekitar setengah 3 buat foto-foto. SO glad that i didn’t give up on my eye makeup schedule karena it makes me feel pretty the whole day. Cukup lama gue berkeliaran, dan baru inget buat antri masuk holding area, sekitar jam setengah 4. Sejam kemudian mulai masuk venue buat soundcheck.

My first soundcheck. Berhubung QN kali ini dapetnya 1xxx ya maklum lah ya kalau gak dapat spot barricade or anything near that. Gue pun udah niat ngalah dan milih buat ngambil spot di paling belakang barricade aja. Jangan sampai lemes atau pingsan lagi pokoknya. Ternyata enak banget guys di belakang. Everyone busy pushing each other to front sedangkan di tempat gue itu luas banget. Kalau yang depan pada berdiri juga itu spotnya bisa dipake buat guling-guling. Kaki bisa selonjoran. So comfy deh. Di soundcheck, yoongi bawain Haegeum, SDL, sama People pt. 2. Seeing yoongi in his natural state. He is literally glowing. Ternyata gini ya rasanya ikut soundcheck. Terus serasa waktu ini cuma khusus buat kita-kita aja. Oh iya, he also took selfie with us!! Awalnya ke section B terus tiba-tiba doi ngeluarin hp cekrek. I was like “sini juga dong” and tada he came to our section and here’s our selfie. Gue pun tak tau gue ada dimana but whatever~

Soundcheck selesai, masih ada jeda waktu sekitar 1 setengah jam until the show. Eh laper dan perut kayak mau nyeri gitu. Gue takut kan, soalnya kalau dia udah nyeri gue tuh harus baringan gitu. Masa iya day 2 udah mau pingsan, di day 3 mau nyeri lambung. Terus ngeliat yang disamping ada yang bawa masuk makanan. Then i decided to go out and buy some meal. Perut gue harus diselamatkan apapun yang terjadi. Gue baru tau kalau boleh loh beli makanan minuman dan dibawa masuk ke venue (tapi musti beli yang di holding area). It helps a lot. Tummy ready, I’m ready.

The show started, dia sekali lagi muncul di hadapan gue. Funny that until day 3 show, everything stiil feels unreal. Kayak, hey lo udah ketemu dia kemarin dan tadi. Sekali lagi yang menyadarkan gue adalah saat gue denger suara dia langsung menggema di telinga gue, berhubung speakernya deket sama posisi gue. THAT BASS DEEP voice complete the experience. Sampai sekarang pun kalau misalnya gue nonton fancam sendiri dan fancam orang lain, kalau denger suaranya tuh relieving the memories of me being in concert. My spot is so spacey jadi bener-bener bisa jumping and dancing more freely and i love that! Fancam pun jadi jauh lebih lega. Fancam gue sebenernya bagus-bagus banget hasil takenya cuma ya suara gue out of control. So there wasn’t a lot to post haha.

Meskipun gue berada di barisan paling belakang, tapi Yoongi bener-bener dekat dengan gue. I really had fun. Senengnya lagi di day 3 ini Yoongi full senyum. His gummy smile is showing. Tiap ment tuh senyum mulu. Manis banget sesuai namanya. Can’t forget to mention that at the end of SDL, he did “muach”. Gak ada di fancam gue, but to experience that in real time bikin semua menggila. Indomy juga gokil banget sih fanchant nya menggelegar. I felt so proud to be in that crowd.

My favorite stage of day 3 is Burn It, Nevermind and (lagi-lagi) Daechwita. Kayaknya emang karena semua menggila aja sih di daechwita. Yoongi di day ini tuh lebih banyak ke section B. Pas Burn It, akhirnya dia ke section kita and when i say he is so close he REALLY is. He went to our section and hyped us to sing and jump. It really felt like he can see me. Sedeket ituuuu! SO yeah i have no choice to dump my cam and jump and sing louder. I don’t want to be a cricket no-jam crowd and left him unimpressed with our section. Kalo nevermind, it is one of the song yang berkesan during the early days stanning bangtan. Gue bahkan masih punya buku with the lyrics. Dengan personal sentiments itu ditambah dia di nevermind banyak main ke section gue and i love him being goofy at the end of the song. Also the ily handsign. I love every moment of it.

Begitulah kira-kira sedikit(?) cerita yang bisa gue bagikan. Looks very long, tapi percayalah there’s still more under it karena gak ada kata-kata yang bisa mendeskripsikan how amazing and magical those 2 days concert experiences. Been a life-long wish dan gue bersyukur banget konser kali ini jalannya bener-bener dipermudah. From the ticketing until i landed back. Kesampean juga ketemu bangtan walaupun nyicil dulu satu member. Hopefully see you as paket lengkap di 2025.

Leave a comment